Silahkan copas artikel dari blog ini karena artikel di blog ini adalah hasil dari copas blog lain

Kehebohan yang dibuat oleh Tomcat

Ini Dia Jurus Jitu Menghalau Serangan TomcatSerangga tomcat kini adalah serangga yang terkenal setelah fenomena ulat bulu yang dulu sempat menghebohkan melakukan terror di beberapa kecamatan di salah satu daerah di Indonesia.
Adapun, Serangga Tomcat atau jenis serangga yang memiliki nama ilmiah Rove Beetle (Kumbang Rove) atau Paenderus littoralis atau yang lebih dikenal juga sebagai semut semai. Yang dapat menimbulkan benjolan atau iritasi pada kulit.
Ternyata serangga ini tidak menggigit ataupun menyengat. Tomcat hanya akan mengeluarkan cairan otomatis bila bersentuhan dengan kulit manusia. Yang berbahaya dari Tomcat ini adalah dia akan mengeluarkan cairan racunnya ini pada benda yang dia hinggapi seperti baju, handuk, dll
Sekedar info dari berita yang saya dengar katanya racunnya ini 12 kali lebih kuat dari bisa ular kobra. Wow, sebuah hal yang sangat berbahaya kan?
Sekalipun demikian, Tomcat sebebnarnya adalah sahabat para petani sebelumnya, karena Tomcat dapat melawan hama Wereng, namun karena populasinya terancam, karena habitat mereka terusik oleh kegiatan manusia, menyebabkan mereka berpindah habitat dekat dengan pemukiman warga, hal ini lah yang membuat kejadian seperti sekarang ini.

Pencegahan dan Penanganan
Hindari kontak langsung dengan hewan ini. Kontak langsung dengan hewan ini sama saja dengan menempelkan kulit pada racun. Biasanya kulit akan terasa panas disusul dengan munculnya bintik-bintik gatal, berair dan juga bekas hitam di kulit. Bila kamu ingin menyingkirkannya, gunakan kertas atau meniupnya, jangan langsung memegangnya dengan tangan.
Jika kulit terkena racun Serangga Tomcat segeralah dicuci menggunakan sabun, jangan dikasih odol, minyak kayu putih, balsem, minyak tawon, karena hasilnya akan memperparah reaksi inflamasi pada kulit.
Pengobatan awal yang utama adalah menghilangkan iritasi dan kontak dengan zat paederin dengan dengan mencuci daerah tersebut dengan sabun dan air sebersih mungkin. Area yang melepuh harus ditangani dengan membasahi basah dingin, diikuti dengan steroid topikal kuat seperti hydrocortisone 1% salep betametasone atau salep anti radang lainnya. Pemberian antibiotika tidak diperlukan bila tidak ada tanda infeksi sekunder. Pemberian salep acyclovir tidak ada relevansinya dengan gangguan ini, karena acyclovir untuk penyakit yang disebabkan karena virus. Sebuah studi menarik yang dilakukan di Sierra Leone terhadap 36 pasien. Sebagian atau 50% penderita diberi ciprofloxacin oral di samping steroid topikal. Waktu penyembuhan secara statistik lebih cepat pada pasien, yang menunjukkan infeksi sekunder bakteri , yang kemungkinan besar dari Pseudomonas Peaderus . Jangan menggosok kulit atau mata jika bersentuhan dengan tomcat. Racun yang ada pada kulitnya bisa menginfeksi daerah lain yang tersentuh tangan. Cuci bersih tangan sebelum menyentuh bagian tubuh yang lain.
Kebersihan lingkungan yang baik dapat mencegah serangga Tomcat. Buang tanaman yang tidak terawat dan pastikan kebersihan taman sehingga hewan ini tidak akan bersarang di sana. Agar tomcat tidak masuk rumah maka sebaiknya menutupi jendela dan pintu atau ventilasi tumah dengan kasa nyamuk. Biasanya serangga Tomcat menyukai sinar lampu yang terang saat malam hari. Sehingga sebaiknya selalu menutup pintu dan jendela rumah terutama saat malam hari. Atau sebaiknya pada malam hari mematikan lampu rumah saat tidur.

Namun, dibalik itu semua manusia akan selalau mencari jalan keluar dan menyelesaikan permasalahannya. Serangga ini bukanlah sebuah bencana,mungkin ini adalah sebuah teguran dari Tuhan akan apa yang sudah dilakukan manusia.
Ini hanya salah satu bentuk teguran kepada manusia agar selalu bertaqwa dan mengingat-Nya. Pernahkan anda berfikir bahwa serangga yang begitu kecil semacam Tomcat bisa membuat seluruh Indonesia gempar? Begitulah Tuhan memberikan teguran kepada manusia. Karena selama ini manusia terlalu sibuk dengan urusan masing-masing.
Akhirnya,  Melalui artikel ini, saya mengajak kepada seluruh pembaca untuk mendoakan warga yang sedang terkena musibah serangga agar selalu tabah, dan kepada para korban wabah Tomcat suapay cepat sembuh dan wabah Tomcat ini bisa segera terselesaikan. Amin

sumber:Berbagai Sumber
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment

Free Class Of 2012 Cursors at www.totallyfreecursors.com